Utama » T

Tanggung Jawab Negara (State Responsibility, eng)

Artikel dikirim oleh pada 10 August 2004 – 17:14Satu Komentar | 747 views

Dalam hukum hak asasi manusia internasional, pengertian “tanggung jawab negara” berkaitan dengan kewajiban negara dalam memajukan dan melindungi hak asasi manusia yang diakui secara internasional. Tanggung jawab negara timbul, sebagai akibat dari pelanggaran hukum internasional oleh negara yaitu :

  • melakukan tindakan pelanggaran hak asasi manusia (action), dan melalaikan, tidak melakukan tindakan apapun, atau melakukan pembiaran (ommision) terhadap pelanggaran hak asasi manusia.
  • Melakukan tindakan yang merupakan pelanggaran terhadap kewajiban internasional.

Artikel terkait:

  1. Kejahatan Perang (War Crimes)
Tags: ,

Satu Komentar »

  • jacky says:

    semua negara memiliki kewajiban memajukan dan melindungi hak azasi manusia bukan hanya satu atau sebagian negara saja tp semua negara wajib melaksanakannya tp pada kenyataannya memang tidak demikian krn kita sadaria atau tdk kita masih menganut hukum rimba
    jika hal ini terus berlanjut maka hak dan kewajiban akan selalu bertentangan d tak sejalan
    mari kita introfeksi diri kita sudahkah kita jujur dan adil dgn tubuh serta milik kita?

Tinggalkan komentar!

Tuliskan komentar Anda atau berikan trackback dari website Anda. Anda juga dapat berlangganan komentar artikel ini melalui RSS.

Tetap pada topic. Jangan lakukan spamming.

Anda dapat menggunakan tag HTML ini:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Website ini menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan avatar pribadi Anda, silakan register dan upload avatar Anda di Gravatar.